oleh

Cara Mengatasi Rasa Cemas

JAKARTA – Gangguan kecemasan adalah masalah kesehatan yang nyata terjadi, namun tidak banyak yang menyadari akan kondisi yang satu ini.

Bisa disebabkan oleh berbagai hal, gangguan kecemasan dapat teriadi tidak hanya pria, namun juga kaum wanita.

Menurut American Psychological Association’s Journal of Abnormal Psychology, jika pada pria banyak yang menyalurkannya pada penggunaan zat terlarang, wanita berbeda lagi.

Selain cemas berlebih dan depresi, gangguan kecemasan juga berpotensi sebabkan masalah pada pola makan Anda.

Untungnya, kondisi ini dapat diatasi dengan teknik pernapasan. Tertarik mencobanya, berikut menurut ahli seperti dilansir Healthline:

1. Tarik napas dalam-dalam. Namun sebelumnya, kosongkan dulu paru-paru Anda dengan membuang napas. Penuhi dada Anda dengan udara

2. Setelah itu, buang napas Anda lebih panjang dari saat Anda mengirupnya. Contoh, jika Anda menghabiskan empat detik untuk menarik napas, kali ini buang napas Anda perlahan-lahan selama enam detik.

3. Lakukan ini dua hingga lima menit ke depan.

Kondisi ini dapat dilakukan dalam berbagai posisi. Tidak hanya saat duduk atau tiduran, Anda bisa melakukannya sambil berdiri.(ruf/fin)

Komentar

News Feed