oleh

Butuh Anggaran Operasional, PDU Pengolahan Sampah Belum Difungsikan

POLEWALI – Bangunan Pusat Daur Ulang (PDU) sampah di depan lokasi Tempat Pemprosesan Akhir (TPA) Paku dan pengolahan kompos di Desa Kuajang Kecamatan Binuang Kabupaten Polewali Mandar selesai dibangun. Kedua bangunan tersebut menelan anggaran miliara.

Pembangunan PDU sampah dikerjakan menggunakan Dana Alokasi Khusus (DAK) sebesar Rp. 1.265.000.000 ditambah dengan pengadaan mesin pengolahan sampah plastik Rp 515.000.000.

Bangunan tersebut belum difungsikan oleh Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (DLHK) Kabupaten Polewali Mandar.

Kepala DLHK Polman Rahmin menyampaikan PDU yang baru selesai dibangun belum difungsikan lantaran belum ada anggaran yang diperuntukkan untuk pengoperasiannya. Sehingga belum dioperasikan dan mesin pengolahannya juga masih dalam tahap pengiriman.

“Belum ada anggaran operasional untuk PDU, kita baru akan usulkan untuk tahun 2022. Karena akan dikelola dengan baik oleh tenaga yang ada di lokasi TPA,” terang Rahmin, Selasa 7 Desember.

Lanjut Rahmin, pengelolaannya akan melibatkan pemulung yang ada di TPA Paku. Namun belum diketahui berapa jumlah pasti tenaga kerja yang dibutuhkan untuk mengelola PDU.

Selain PDU yang belum difungsikan bangunan rumah kompos di Desa Kuajang yang ditempatkan di dekat pesantren yang ada di Lingkungan Pakkandoang.

Kadis DLHK Rahmin menambahkan pengoprasian akan diserahkan ke desa untuk pengelolaannya.

Sementara itu, di Desa Tonyaman bangunan rumah kompos yang dibangun pada tahun 2019 yang notabenenya mayoritas masyarakat nelayan ini juga belum difungsikan. Rahmin berkilah pihak desalah yang diberikan untuk memanfaatkan karena bangunan tersebut dibangun atas usulan dari pemerintah desa.

“Kita bangun sesuai dengan usulan dari pemerintah Desa Tonyaman. Bangunan pengolahan kompos di Tonyaman itu bisa mengelola sampah dari desa lain. Kemudian pupuk kompos yang dihasilkan bisa digunakan untuk pemupukan taman,” jelas Rahmin. (arf/mkb)

Komentar

News Feed