oleh

Bupati Mateng Teken Formulir Pendaftaran Varietas SDG Lokal

TOPOYO – Tim Sumberdaya Genetik (SDG) Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) Balitbangtan Sulbar bersama Dinas Pertanian Mamuju Tengah (Mateng) bertemu Bupati Mateng Aras Tammauni di Kantor Bupati Mateng, Senin 12 April 2021.

Dalam pertemuan tersebut, Tim SDG BPTP Sulbar menyampaikan telah melakukan indentifikasi dan karakterisasi SDG Lokal Mateng sebanyak lima varietas SDG lokal, yaitu komoditas pangan (padi pembuni atau beras merah), komoditas hortukultura lokal empat varietas: Loka Marasa, Loka Cappu Tobadak, Loka manurung dan Alpukat Tobadak.

Bupati Mateng Teken Formulir Pendaftaran Varietas SDG Lokal

menyambut baik dan mengapresiasi langkah menyelamatkan SDG lokal Mateng yang jumlahnya makin berkurang terutama varietas lokal pisang. Seperti diketahui Kabupaten Mateng merupakan sentra pisang dan menjadikan pisang sebagai komoditas unggulan di daerah ini.

Lebih lanjut Aras Tammauni juga menyampaikan akan mengembangkan komoditas pisang lebih luas dan akan menggandeng pihak investor dari dalam maupun luar negeri untuk dapat membeli pisang dengan harga yang sesuai dan layak, sehingga petani pisang semakin sejahtera. (rls/ham)

Komentar

News Feed