oleh

Bupati Mamuju Sudah Teken Surat Undangan Upacara Hari Lahir Pancasila

MAMUJU–Hari peringatan lahirnya Pancasila yang jatuh, Sabtu 1 Juni, lusa, kebetulan bertepatan dengan hari libur kerja Pemkab Mamuju, Sulbar. Selain itu, hari Sabtu itu, merupakan hari, ‘terjepit’ di jelang libur hari raya Idul Fitri 1440 hijriah. Namun demikian, tak mengurangi niat jajaran Pemkab Mamuju untuk menggelar upacara peringatan hari lahir Pancasila.

Lewat siaran pers Humas Pemkab Mamuju, Kamis 30 Mei, menjelaskan, Bupati Mamuju, Habsi Wahid menyampaikan, upacara hari kesaktian Pancasila, akan digelar, Sabtu 1 Juni, sekira pukul 07.30 Wita, di halaman kantor bupati. Ini sesuai surat edaran Menteri Dalam Negeri Nomor: 019.1/ 4110/SI.

Dalam surat ditegaskan, gubernur dan bupati diminta untuk melaksanakan upacara serta melaksanakan kegiatan yang mendukung pemahaman nilai-nilai Pancasila. Surat keputusan tersebut, diputuskan bersama tiga menteri, sehingga semua ASN wajib mengikuti upacara. “Undangan pelaksanaannya telah saya tandatangani, kita akan laksanakan upacara tanggal 1 juni 2019 di halaman upacara kantor bupati,” tandas, Habsi Wahid, Bupati Mamuju.

‌Ia juga berpesan agar ASN dapat mengindahkan agenda tersebut, meski dirinya sangat memahami waktu pelaksanaannya bertepatan hari libur yang dapat saja mempengaruhi animo. Namun, ia yakin jajarannya akan tetap komitmen untuk melaksanakan upacara hari lahir Pancasila dengan penuh antusias sebagai bentuk integritas pada bangsa dan negara.

“Pelaksanaanyakan hanya beberapa menit, setelah itu bisa juga kita manfaatkan untuk bersilaturahmi dan bermaaf-maafan sebelum lebaran. Hari raya nanti mungkin ada yang sudah pulang kampung sehingga tidak sempat bersilahturahmi. Jadi saya rasa tidak ada masalah,” kata Bupati Habsi.

Sebelumnya, sempat mengemuka, upacara peringatan hari lahir Pancasila bakal ditunda ke 10 Juni. Tetapi, itu sebelum Pemkab Mamuju menerima surat melalui telegram dari Kemendagi. ”Jadi tetap upacara. Nanti setelah upacara baru para ASN boleh mudik,” jelas Kabid Mutasi Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan (BKPP) Mamuju, Amran Rasyid, Kamis 30 Mei. (ham-jsm)

Komentar

News Feed