oleh

Boleh Tidaknya Mudik Lebaran 2021, Masyarakat Harus Bijak

JAKARTA – Persiapan dan kepastian mudik lebaran 2021 diminta dipertegas. Anggota Komisi V DPR RI Toriq Hidayat mengatakan, dalam rapat kerja dengan Komisi V DPR, Selasa (16/3), Kementerian Perhubungan (Kemenhub) tidak memiliki kewenangan memutuskan kepastian diperbolehkannya mudik Idul Fitri 2021 pada masa pandemi Covid-19.

“Menjawab pertanyaan tentang kepastian diperbolehkannya mudik Idul Fitri 2021, Menhub akan berdiskusi dengan kementerian dan lembaga terkait karena Satgas Covid-19 juga akan memberikan arahan,” ungkapnya, Rabu (17/3).

Boleh Tidaknya Mudik Lebaran 2021, Masyarakat Harus Bijak

Toriq menambahkan bahwa, tidak ada pernyataan Kemenhub tidak melarang atau melarang, keputusan tentang mudik lebaran 2021 berada di tangan Satgas Covid-19. Mekanisme mudik tahun ini akan dikoordinasikan bersama Satgas Covid-19, dengan pengetatan.

“Adanya program vaksinasi, program relaksasi PPnBM nol persen bagi kendaraan tertentu, dan alat deteksi Genose akan membuat masyarakat lebih percaya diri melakukan perjalanan mudik tahun ini dan akan terjadi lonjakan yang signifikan,” paparnya.

Oleh karenanya, Toriq menambahkan, Kemenhub yang merupakan bagian dari tim Satgas Covid-19 harus menyiapkan strategi pengetatan penerapkan protokol kesehatan di ruang lingkup kerjanya terutama pelayanan angkutan umum baik darat, laut dan udara.

Berdasarkan pengalaman dan evaluasi sebelumnya, kasus positif Covid-19 meningkat usai selesainya libur panjang.

“Pada liburan panjang tahun baru lalu, kasus positif melonjak signifikan. Lonjakan ini berdampak pada rumah sakit penuh, angka kematian meningkat,” ujar Toriq.

Ia juga meminta masyarakat tetap menyadari bahwa pandemi belum usai dan perjalanan jauh berpotensi meningkatkan penularan.

“Pada dasarnya, dilarang atau tidaknya mudik 2021 nanti, masyarakat harus bijak untuk dapat mengambil keputusan yang terbaik khususnya melakukan perjalanan jauh yang berpotensi meningkatkan penularan,” tutup Toriq . (khf/fin)

Komentar

News Feed