oleh

BMKG Pasang Alat Deteksi Gempa dan Tsunami

POLEWAL – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) akan memasang alat pendeteksi gempa dan tsunami di Kabupaten Polewali Mandar. Saat ini pihak BMKG melalui Stasiun Geofisika Gowa, saat ini tengah melakukan survei untuk penentuan titik lokasi pemasangan alat pendeteksi gempa dan tsunami tersebut.

Kepala Stasiun Geofisika Gowa, Rosa Amelia saat ditemui di Polewali, Selasa 23 Maret mengungkapkan BMKG menambah alat pendeteksi gempa sebanyak 100 buah di seluruh Indonesia. Khusus Sulawesi Barat akan dipasang satu alat pendeteksi gempa dan tsunami. Lokasinya di Kabupaten Polewali Mandar.

Pemasangan alat pendeteksi gempa dan tsunami ini menambah alat yang sudah ada di Sulbar yakni di Mamuju, Majene dan Pasangkayu.

“Saat ini tim kami sementara melakukan survei lokasi penempatan alat tersebut. Ada tiga lokasi yang disurvei termasuk di Tinambung, Matakali dan satu lagi yang sementara dicari tempatnya. Kita ambil tiga titik nanti ditentukan yang paling cocok pemasangan alat pendeteksi gempa dan tsunami tersebut,” ujar Rosa Amalia.

Mantan Kepala Stasiun Geofisika Kendari ini menambahkan alat deteksi gempa dan tsunami ini akan melengkapi alat yang sudah ada di Kantor BPBD Polman. Tahun lalu Stasiun Geofisika Gowa juga telah memasang Warning Receiver System New Generation (WRS-NG).

Menurut Rosa Amalia, alat WRS NewGen merupakan peralatan yang berfungsi untuk mendiseminasikan informasi gempa bumi dan peringatan dini tsunami. Sementara alat yang akan dipasang ini merupakan Earthquake Early Warning System (EEWS). Ini
merupakan sistem monitoring yang mendeteksi gempa bumi di hulu dan system automatic processing yang mengolah data secara cepat serta menyebarkan informasi peringatan dini.

Menurut Rosa Amalia, potensi terjadinya gempa di Polman dimungkinkan karena ada sesar patahan. Seperti sesar Somba, Makassar dan patahan Mamuju yang dapat menimbulkan gempa di Polman. Termasuk ada sejarah terjadi tsunami di Polman pada 11 April 1967 lalu berpusat di Tinambung. (mkb)

Komentar

News Feed