oleh

BKKBN Sulsel Dorong Implementasi Kampung KB

MAKASSAR–Kepala Perwakilan Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Sulawesi Selatan (BKKBN Sulsel) Andi Ritamariani mengatakan, pihaknya akan mendorong implementasi kampung KB yang sudah mencapai 614 kampung KB pada 2019.

”Ini adalah salah satu program yang diprioritaskan pada 2020-2024. Kampung KB sudah terbentuk sebanyak 614, namun progresnya masih ada sebagian yang belum menunjukkan hasil,” kata Ritamariani, Selasa 10 Maret, di Makassar.

Mencermati kondisi tersebut, lanjut dia, program itu akan disinergikan dengan grand design kependudukan, Sekolah Siaga Kependudukan, Pojok Kependudukan dan Rumah Data.

Selain itu Program Pembangunan Keluarga yang sangat mendukung pada program kegiatan intervensi penurunan stunting yang menjadi tugas khusus ProPN dan program ketahanan keluarga (PUP, pengasuhan tumbuh kembang anak dan remaja 4T).

Untuk merealisasikan program itu, lanjut dia, pihaknya akan mempersiapkan sumber daya yang diperlukan dalam menerapkan program itu. Adapun upayanya dengan penyusunan program, pelatihan dalam bentuk Training of Trainer (ToT), sosialisasi/diseminasi, pemetaan area rawan gratifikasi dan sebagainya.

Sedang untuk mendukung semua program BKKBN di lapangan, diakui kebutuhan re-brending didasarkan pada riset formatif dengan lembaga profesional dan akademisi. Hal itu mengingat karena BKKBN harus dapat mengakomodasi padar dan selera ‘milenial’. Hasilnya diawal 2020 BKKBN sudah memiliki logo, tagline dan jingle baru.(ant)

Komentar

News Feed