oleh

Bina 120 Siswa, Dewan Apresiasi Kinerja Disdikbud Sulbar

MAMUJU – Anggota DPRD SulbarMegawati Harun mengapresiasi upaya Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Sulbar dalam mendorong mutu pendidikan di provinsi ke 33 ini.

Program yang dimaksud adalah pembinaan siswa berprestasi. Dimana Disdikbud telah melakukan seleksi dengan mengumpulkan 10 siswa terbaik di setiap SMA dan SMK, dihimpun dalam satu forum untuk menjalankan model pembelajaran khusus yang dirancang oleh Disdikbud Sulbar.

Bina 120 Siswa, Dewan Apresiasi Kinerja Disdikbud Sulbar

“Melalui pembinaan itu siswa dapat melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi terbaik di Indonesia. Kita berikan beasiswa dan kita suport,” terang Megawati.

Menurutnya, langkah yang dilakukan Disdikbud Sulbar akan mendorong Sumber Daya Manusia (SDM) Sulbar. Tentunya DPRD Sulbar pun akan mendukung agar siswa yang dibina melalui program itu dapat bersaing di nasional hingga tingkat internasional.

Kadisdikbud Sulbar Prof Gufran Darma Dirawan menjelaskan, program pembinaan siswa berprestasi itu digagas bersama Dewan Pakar, DR Yundini Husni Djamaluddin, guna melahirkan regenerasi kepepemimpin yang lebih baik di masa yang akan datang.

Disebutkan seleksi pembinaan siswa berprestasi yang diikuti 1.089 siswa. Itu diambil dari 10 siswa terbaik setiap SMA dan SMK se Sulbar. Kini terkumpul 120 siswa untuk dibina secara khusus agar dapat lolos ke seluruh univesitas unggulan di Indonesia. Terhadap 120 siswa binaan juga dilakukan uji kognitif, selain itu dilakukan pembinaan minat khusus atau minat bakat untuk melihat peluang IPDN, Akmil, Polri, dan kedokteran.

“Kita tes mereka (siswa) dengan soal yang sama dan setara dengan SNPTM dan tidak pernah dikerjakan oleh orang. Hasilnya 19 anak-anak nilainya di atas 700 poin, 19 orang ini diyakini dapat lolos diseluruh universitas terbaik di Indonesia. Termasuk masuk Akpol, Akmil dan IPDN,” bebernya.

Nantinya, porgram yang dijalankan oleh siswa binaan itu akan dijadikan model untuk pembelajaran di setiap sekolah di Sulbar, dengan harapan dapat meningkatkan kualitas mutu pendidikan. (imr/ham)

Komentar

News Feed