oleh

BI Dorong UMKM Tembus Pasar Ekspor

MAMUJU – Kantor Perwakilan (KPw) Bank Indonesia (BI) Sulbar mengadakan webinar dan kurasi produk online bertajuk Strategi Sukses Menembus Pasar Ekspor, Kamis 15 Oktober.

Kepala Perwakilan BI Sulbar, Budi Sudaryono berharap UMKM tidak hanya survive di masa sulit ini tetapi lebih maju lagi.

Kedepanyan, BI dan Pemda serta instansi terkait akan terus bersinergi dalam mengembangkan UMKM di Sulbar.

“Seperti On-boarding UMKM untuk menghubungkan dengan e-commerce dan bimbingan teknis pada pengelolaan usaha sesuai dengan best practice. Sebagai stimulus lahirnya UMKM-UMKM baru, Bank Indonesia juga sedang menyusun kegiatan kompetisi business plan yang diharapkan mampu memproduksi produk unggulan Sulbar,” tutur Budi.

Deputi KPw BI Sulbar, M. Bugie mengatakan, webinar merupakan tindak lanjut dari gerakan nasional bangga buatan Indonesia (Gernas BBI) yang bergulir sejak 15 September. “Dan webinar ini sebagian upaya mendorong UMKM di Sulbar agar dapat menembus pasar ekspor,” terang Bugie, dikonfirmasi Minggu 18 Oktober.

UMKM di Sulbar memiliki potensi besar meningkatkan kinerja ekspor. Namun kata Bugie, perlu memperhatikan beberapa hal. “Perlu meningkatkan akses ke pasar global dan meningkatkan nilai tambah produknya,” sebutnya.

Webinar tersebut melibatkan 60 pelaku UMKM, dengan narasumber Owner Kioski Bali Made Sutamaya, dilanjutkan kurasi online terhadap 4 UMKM, yaitu UMKM Tengkosituru (Mamasa), UMKM Reski Rotan Mandiri (Polewali Mandar), UMKM Rumah Seni (Majene) dan UMKM Merah Putih (Mamuju).

Keempat UMKM tersebut memiliki potensi besar untuk diterima di pasar ekspor mancanegara dengan mengedepankan seni terapan yang fungsional serta penyesuaian pada sisi model bisnis. (imr/rul)

Komentar

News Feed