oleh

Bersinergi Tangani Stunting

-Mateng-2.561 views

TOPOYO – Pemerintah Kabupaten Mamuju Tengah (Mateng) menggelar rembug stunting dalam rangka penguatan sinergisitas antar stakeholder untuk penurunan tingkat stunting.

“Stunting bisa ditangani dengan baik, jika semua pihak terkait mampu mambangun komitmen bersama dan mampu menjalankan integritas program dengan sistematis.” Begitu yang disampaikan Wakil Bupati Mateng, Amin Jasa, pada kegiatan rembug stunting di aula Kantor Bupati Mateng, Senin 6 Juli.

Ia berharap, bersama stakeholder mampu menangani persoalan tersebut. Untuk melihat beberapa tahun ke depan anak yang sehat, unggul, cerdas yang akan menjadi generasi pembangunan Mateng.

Di tempat yang sama, Kepala Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah (Bappeda) Mateng Ishaq Yunus selaku gugus tugas dalam menangani stunting di Mateng, mengatakan bahwa dalam hal bersinergi menangani stunting, Dinas Kesehatan secara spesifik hanya 30 persen tingkat keterlibatannya.

“Diantaranya, bagaimana fokos pada kesehatan ibu hamil, anak balita, anak seribu hari pertama kehidupan, hingga umur dua tahun. Sementara itu, didukung oleh 70 persen oleh OPD (Organisasi Perangkat Daerah,red) terkait,” tambahnya.

Dalam rangka menjalankan program nasional untuk penanganan stunting, stakeholder membuat program mengacu pada dukungan penanganan stunting. Jangan sampai keluar melenceng dari tujuan program tersebut.

Ia mengaku, saat ini sudah 20 desa yang sudah merealisasikan program di Mateng. Dari yang sebelumnya di tahun 2019 hanya 13 desa. “Makanya dibutuhkan dukungan secara komitmen dan penguatan koordinasi,” kata Ishaq.

OPD yang terkait itu diantaranya, Dinas Ketahanan Pangan yang harus menjamin kesediaan pangan untuk masayarakat di Mateng, mulai dari asupan makanan berprotein dan bergizi.

Kepala Dinas Kesehatan Mateng, Setya Bero mengatakan, tingkat stunting di tahun 2020 ini mencapai 3,7 persen. Masih tergolong sangat tinggi. Dalam hal penanganan ini, ia berupaya memasifkan fungsi Puskesmas setiap kecamatan, hingga Posyandu untuk mengontrol secara masif penanganan stunting. (m6/dir)

Komentar

News Feed