oleh

Berharap Bantuan Pusat, 30 Sekolah Rusak Akibat Gempa

MAMASA – Pasca gempa yang berkekuatan 6,2 SR, mengguncang Kabupaten Majene dan Mamuju juga berimbas ke Mamasa. Selain ratusan rumah warga rusak, sejumlah fasilitas pendidikan mengalami kerusakan di Mamasa.

Sebanyak 30 sekolah baik sekolah dasar maupun sekolah menengah pertama mengalami kerusakan saat terjadinya gempa bumi. Kebanyakan sekolah yang rusak di Kabupaten Mamasa karena bangunanya rubuh dan retak.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Mamasa, Muh Syukur mengatakan kejadian gempa juga berimbas pada kerusakan fasilitas pendidikan di Mamasa. Ada 30 sekolah di Kabupaten Mamasa mengalami kerusakan. Baik kategori rusak ringan, sedang hingga berat.

Lanjut Muh Syukur, 30 sekolah tersebut tingkatan sekolah dasar (SD) dan sekolah menengah pertema (SMP).

“Data kerusakan sekolah ini telah dilaporkan ke Kementerian Pendidikan, Kementerian Keuangan, dan Pemerintah Daerah serta Pemerintah Provinsi (Pemprov),” sebut Syukur.

30 sekolah yang mengalami kerusakan tersebut berada ditiga kecamatan yakni Kecamatan Tabulahan, Aralle dan Mehalaan.

Ia berharap, data yang telah dikirim tersebut dapat direspon positif sehingga dapat membantu perbaikan bangunan sekolah.

“Kita berharap ada dana yang cepat, sehingga segera melakukan perbaikan sarana prasarana pendidikan yang rusak,” jelas Syukur.

Ia memperkirakan kemungkinannya anggaran pengerjaan bangunan sekolah yang rusak tersebut akan mulai dikucurkan tahun depan. (r4/mkb)

Komentar

News Feed