oleh

Benahi Jalan Trans Sulawesi di Polman, PUPR Kucurkan Anggaran Rp150 M

POLEWALI – Reservasi jalan nasional Trans Sulawesi di Kabupaten Polewali Mandar sepanjang 68,7 kilometer (KM) mulai tahun ini dikerja. Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) kucurkan anggaran Rp150 miliar untuk membenahi jalan nasional tersebut.

Proyek multi years ini dikerjakan oleh anak perusahaan Kalla Grup yakni PT Bumi Karsa. Humas PT Bumi Karsa Ahmad Yani mengatakans sejak 27 Oktober lalu sudah dilakukan penandatanganan kontrak kerja. Dengan masa kerja selama dua tahun tiga bulan hari kalender ditambah pemeliharaan satu tahun.

Benahi Jalan Trans Sulawesi di Polman, PUPR Kucurkan Anggaran Rp150 M

“Direksi kit kami ada ditiga titik yakni di Paku, Wonomulyo dan Balanipa. Kemudian kantor pusat di Madatte. Saat ini kegiatan sudah hampir 30 persen karena dari tiga titik tersebut semuanya langsung dikerjakan. Sehingga nantinya pekerjaan akan ketemu dipertengahan,” terang Ahmad Yani saat dikonfirmasi di kantornya, Sabtu 28 November.

Sementara untuk kebutuhan material aspal, PT. Bumi Karsa menggandeng perusahaan PT. Anato yang berasal dari Kabupaten Pinrang. Ahmad Yani mengatakan, alasannya bekerjasama dengan perusahaan Pinrang karena perusahaan di Kabupaten Polman tidak memenuhi kelayakan.

“Sudah ada beberapa pengusaha lokal yang kita temui tapi lokasinya tidak ada yang layak. Karena kita kan berhitung lingkungan dan masyarakat,” ujar Ahmad Yani.

Ia juga menyampaikan, sekira lebih dari 100 orang tenaga lokal dipekerjakan dalam kegiatan reservasi jalan tersebut. Sementara tenaga ahli didatangkan dari luar Polman untuk menjaga kualitas pekerjaan.

Sejumlah ruas jalan mulai dari Paku hingga Tinambung yang berbatasan dengan Kabupaten Majene, memang sudah banyak yang berlubang dan beberapa ruas tampak rusak berat.

Salah satu warga Polman Ilham berharap pihak perusahaan dapat bekerja dengan baik utamanya menjaga kualitas aspalnya agar jalannya bisa tahan lama.

“Semoga tidak ada lagi jalan yang berlubang dan kualitas pekerjaan harus dijaga agar bisa tahan lama,” kata Ilham. (arf/mkb)

Komentar

News Feed