oleh

Belanja Saja Di UMKM

“Ayo… belanja saja di UMKM”.

Kurang lebih demikian pesan Ridwan Kamil atau biasa disapa Kang Emil, Gubernur Jawa Barat dalam acara Kick Andy, 23 April 2021 lalu.

Belanja Saja Di UMKM

Dalam acara tersebut, tema yang diangkat Andy Noya selaku presenter, berkaitan dengan inovasi yang dilakukan para pelaku usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) dalam upaya menangani krisis ekonomi akibat pandemi korona.

Ada yang berinovasi memanfaatkan limbah sampah menjadi tas dan souvenir lainnya. Ada juga ibu-ibu pelaku Home industri yang berupaya membuat kripik pisang rasa nangka.

Bahkan ada inovasinya sudah terbilang canggih, yakni membuat sepeda lipat tiga, sehingga sepeda tersebut dapat dengan mudah dibawah ke mana-mana.

Semua inovasi itu mereka upayakan agar tidak jatuh terpuruk. Sebab sejak pandemi korona, mereka yang paling merasakan dampaknya. Banyak UMKM yang terpaksa tutup usahanya, karena minimnya permintaan pelanggan.

Sesuai data Asosiasi UMKM Indonesia (Akumindo), selama tahun 2020 sekitar 30 juta UMKM bangkrut karena pandemi korona. Akhirnya dari 64,7 juta UMKM yang terdata di tahun 2019, kini jumlahnya tinggal 34 juta. PHK pun terjadi dimana-mana. Tercatat 7 jutaan pekerja informal UMKM yang kehilangan pekerjaan.

Komentar

News Feed