oleh

Bawaslu Bakal Telusuri Berkas Calon PPK

PASANGKAYU – Berkas para calon anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) untuk Pilkada 2020 yang dilakukan oleh KPU Pasangkayu akan ditelusuri oleh Bawaslu.

Hal itu dilakukan untuk memastikan bahwa calon penyelenggara pilkada adhoc tersebut tidak terdaftar sebagai kader dan pengurus partai politik (parpol).

“Kita akan memastikan kalau calon ini tidak pernah dua periode menjadi PPK serta setiap calon pendaftar tidak berafiliasi dan menjadi pengurus Partai, jadi yang menjadi fokus pengawasan kami,” terang ketua Bawaslu Pasangkayu Ardi Trisandi, Sabtu (25/1/2020).

Kata Ardi, pengecekan tersebut akan dilakukan agar penyelenggara adhoc nantinya tidak menjadi pintu masuknya kepentingan politik para calon peserta Pilkada.

“Kita menunggu berkas dari KPU dan nama-nama yang mendaftar itu akan kami telusuri rekam jejaknya bersama Panwascam di setiap kecamatan,” jelasnya.

Terkait sistem pendaftaran dilakukan KPU yang menggunakan metode Computer Assisted Test (CAT) atau secara online, Ardi Trisandi mengaku, sangat mengapresiasinya.

“Itu hal baru terjadi selama ada pemilu maupun pilkada, dimana calon penyelenggara adhoc ini mendaftar secara online. Dan saya sangat mengapresiasi karena mempermudah masyarakat dimana tinggal mengakses website KPU Pasangkayu terus mengisi formulirnya,” pungkas Ardi. (r3/ham)

Komentar

News Feed