oleh

Batetangnga Percontohan Desa Bersinar

POLEWALI – Desa Batetangga Kecamatan Binuang Kabupaten Polewali Mandar menjadi salah satu desa yang menjadi pilot project atau percontohan desa Bersih Narkoba (Bersinar).

Desa Batetangnga merupakan satu satunya desa di Kabupaten Polman yang menjadi pilot project Desa Bersinar di Indonesia. Ada 173 desa di Indonesia menjadi percontohan desa Bersinar.

Tindak lanjut penetapan Desa Batetangnga sebagai Desa Bersinar, Kepala Badan Narkotikan Nasional Provinsi (BNNP) Sulawesi Barat, Brigjen Pol Sumirat Dwiyanto bersama Kepala BNN Kabupaten Polewali Mandar Syabri Syam mengunjungi Desa Batetangnga Kecamatan Binuang, Kamis 10 Februari.

Kunjungan ke Desa Batetangnga sebagai tindak lanjut dari penetapan pilot project Desa Bersinar yang telah dicanangkan oleh BNN RI.

“BNN telah menetapkan 173 desa pilot project desa bersinar dari seluruh Indonesia. Di Provinsi Sulawesi Barat, khususnya Kabupaten Polman, Batetangnga satu-satunya desa yang masuk daftar. Ini tentu harus diseriusi dengan menyiapkan segala sumber daya yang ada dalam menyukseskan program Desa Bersinar,” ungkap Brigjen Pol Sumirat.

Dalam kunjungan ini, Kepala BNNP Sulbar juga didampingi Tim Psikolog, Ani Dwiyanti. Rombongan BNNP Sulbar ini diterima Kepala Desa Batetangnga, Muhammad Said, bersama seluruh jajaran dan perwakilan relawan anti narkoba Desa Batetangnga.

Kades Batetangnga, Muhammad Said menyampaikan penghargaannya dan komitmennya untuk terus mendorong upaya Pencegahan dan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba (P4GN) di Desa Batetangnga.

“Selain itu, pemerintah desa akan terus mendorong seluruh elemen terkait, termasuk para relawan anti narkoba untuk terus menggalakkan kegiatan pencegahan narkoba di Batetangnga,” ungkap Muhammad Said.

Kepala BNNP Sulbar dan rombongan mengunjungi obyek wisata Kali Biru dan Posko Relawan Anti Narkoba Desa Batetangnga.

“Intinya bahwa kerja kerja P4GN harus didasari dengan niat ikhlas karena itu tugas mulia. Kita bisa belajar dari Danar pemuda Sukoharjo Jawa Tengah yang telah mendatangi 1000 kampung untuk menyampaikan pesan anti narkoba dan tanpa dibayar. Itu sungguh luar biasa. Kita bisa mencontoh untuk menyelamatkan generasi muda, khusunya di Batetangnga,” ucap Brigjen Pol Sumirat Dwiyanto.

Kepala BNN Kabupaten Polman, Syabri Syam saat tatap muka dengan Relawan Anti Narkoba Desa Batetangnga mengungkap bahwa desa bersih narkoba adalah program yang akan terus digalakkan. BNNK Polman bersama Pemerintah Desa Batetangnga akan berusaha mewujudkan pilot project Desa Bersinar. Bahkan Desa Batetangnga memungkinkan menjadi percontohan desa bersih narkoba di Kabupaten Polman dan Sulawesi Barat.

“Relawan Anti Narkoba akan menjadi garda terdepan P4GN dan BNNK Polman berkewajiban untuk memberdayakan relawan anti narkoba, termasuk berdaya dari segi ekonomi,” papar Syabri Syam. (mkb)

Komentar

News Feed