oleh

Bantuan Terus Mengalir, Polsek Tabulahan Kawal Distibusi Logistik

MAMASA – Hingga hari ke sembilan pasca gempa 6,2 SR mengguncang wilayah Sulawesi Barat. Bantuan logistik masih terus mengalir kepada dua kabupaten yang terdampak parah, yakni Mamuju dan Majene.

Bantuan logistik pun masih terus disalurkan melalui darat, baik relawan yang melewati jalur Polewali-Majene, Pasangkayu-Mamuju dan Mamasa-Mamuju.

Jalur Mamasa-Mamuju menjadi jalan alternatif para pengungsi bahkan para relawan untuk menyalurkan bantuannya. Karena hanya jalur tersebut yang dapat dilalui, bahkan ada pula yang memilih jalur tersebut untuk menghindari longsor tiba-tiba.

Sehingga, untuk memastikan bantuan logistik tiba dengan aman di posko penanggulangan bencana, Polsek Tabulahan melakukan pengawalan ketat, terhadap rombongan yang melintas mengangkut bantuan.

Hal ini untuk memastikan bantuan tersebut dapat aman dari penjarahan, dan relawan merasa aman.

Hingga saat ini, tercatat telah lebih dari ratusan kendaraan yang membawa bantuan menuju Mamuju, dan tentunya mendapat pengawalan dari Polsek Tabulahan.

Kapolsek Tabulahan, Ipda Muh Ilyas, mengaku jika setidaknya pihaknya memperkirakan telah mengawal ratusan kendaraan yang menyalurkan bantuannya.

“Karena hari ini saja, kita kawal sekitar 13 kendaraan yang turun ke Mamuju,” terang Ipda Muh Ilyas, Sabtu 23 Januari.

Lanjut Muh Ilyas, pengawalan dilakukan agar mengantisipasi adanya penjerahan bantuan logistik.

“Pengawalan ini karena sebelumnya, marak terjadi penjerahan, utamanya dibeberapa titik jalur menuju Kota Mamuju,” terangnya.

Ia mengaku, meskipun beberapa hari belakangan ini kondisi di beberapa titik yang dianggap rawan adanya penjerahan, sudah relatif aman.

“Namun masih ada juga yang tetap melakukan penjarahan jika tidak dilakukan pengawalan,” ujarnya.

Namun telah ditempatkan beberapa personel, baik dari Polda, maupun Polresta Mamuju, untuk mengamankan titik-titik yang dianggap rawan.

Ia menyebutkan jika secara teknis pengawalan yang dilakukan Polsek Tabulahan dilakukan hingga di Polsek Kecamatan Kalukku, Kabupaten Mamuju. Kemudian Polsek Kalukku mengawal hingga posko yang jadi tujuan.

Tetapi terkadang kami lakukan pengawalan sampai tujuan kalau Polsek Kalukku melakukan pengawalan bantuan juga,” tandasnya. (zf/mkb)

Komentar

News Feed