oleh

Bantuan Pendidikan Belum Rampung

POLEWALI — Penyaluran program bantuan subsidi biaya pendidikan bagi mahasiswa Polewali Mandar yang terdampak pandemi Covid-19 masih belum rampung.

Program bantuan subsidi biaya pendidikan untuk mahasiswa Polman yang kuliah di luar daerah di program tahun 2020 lalu. Namun baru direalisasikan diawal tahun 2021 ini.

Bantuan Pendidikan Belum Rampung

Sekertaris Balitbangren Polman Andi Himawan Jasin menjelaskan prosesnya memang memakan waktu yang banyak. Mulai dari waktunya penyalurannya yang mepet, pendaftaran, verikasi dan lainnya di Dinas Sosial. Sehingga dananya baru ada diakhir tahun 2020 kemudian disalurkan awal tahun 2021.

“Kebijakan ini lahir karena pak Bupati Polman melihat untuk jaringan pemgaman sosial perlu juga diperkuat. Karena bukan hanya pada persoalan ekonomi saja yang terdampak,” ujar Andi Himawan Jasin.

Terpisah, Kepala Bidang Sosial Budaya Balitbangren Polman Muhammad Asrif mengatakan, teknis pelaksanaan verifikasi dan penyaluran bantuan bagi mahasiswa itu ada pada Dinas Sosial.

“Kami hanya memfasilitasi terkait regulasinya saja,” terang Asrif.

Sementara itu, Kepala Bidang Pemberdayaan dan Rehabilitasi Sosial Dinsos Polman Syarifuddin Amin menyampaikan sampai hari ini realisasi penyalurannya belum mencapai seratus persen. Ia juga membenarkan jika program tersebut diatas merupakan program tahun 2020 namun baru disalurkan di 2021 karena persoalan data yang masuk dan waktu yang mepet.

“Ada yang gagal terkirim dan keterlambatannya ini karena waktu yang sangat mepet diakhir 2020 sehingga akhirnya menyebrang,” terang Syarifuddin Amin.

Namun saat dikonfirmasi terkait jumlah penerima dan anggaran yang sudah disalurkan, Syarifuddin Amin tidak memberikan keterangan terkait hal tersebut. (arf/mkb)

Komentar

News Feed