oleh

Bantuan Dampak Gempa Belum Cair

MAMASA – Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) wacanakan akan memberikan dana stimulan kepada masyarakat terdampak gempa Sulbar. Pemberian dana stimulan itu diperuntukkan bagi warga yang memiliki rumah dan mengalami kerusakan akibat gempa yang terjadi, Jumat 15 Januari.

Besaran bantuan stimulan dibagi dalam tiga kategori yakni rumah rusak berat sebanyak Rp50 juta, rusak sedang Rp25 juta dan rusak ringan Rp10 juta.

Bantuan Dampak Gempa Belum Cair

Dampak gempa di Kabupaten Mamasa dilaporkan sebanyak 594 rumah warga yang mengalami kerusakan. Terdiri dari rusak berat 56 rumah, rusak sedang 98 rumah, dan rusak ringan 440 rumah.

Kepala Badan Penaggulangan Bencana Daerah (BPBD) Mamasa Labora Tandipuang mengatakan saat ini bantuan tersebut masih bergulir di pusat.

Bantuan berproses di Kementerian Keuangan, dimana proses bantuan stimulan dampak gempa memiliki proses panjang.

“Karena masih akan dilakukan verifikasi lagi, karena yang jelas kita kita sudah ajukan. Tahapannya masih dalam proses. Kami tinggal menunggu prosesnya,” terang Labora.

Kepala Dinas Perumahan, Kawasan Pemukiman, dan Pertanahan (DPKPP) Mamasa, Gusti Hermiawan menambahkan berdasarkan hasil zoom meeting dengan BNPB saat ini bantuan masih berproses di Kementrian Keuangan.

“Anggaranya masih sementara disiapkan. Karena teknis penyaluran ada di BNPB,” ujar Gusti. (r4/mkb)

Komentar

News Feed