oleh

Bantai Swiss 3-0, Italia Lolos dan Catat Rekor Statistik

JAKARTA – Italia menjadi tim pertama yang lolos ke babak 16 besar Euro 2020. Pada pertandingan kedua mereka di Grup A, Italia membantai Swiss dengan skor 3-0 di Stadio Olimpico, Roma dini hari ini (17/6/2021).

Penampilan Italia di Euro 2020 ini begitu solid sangat dahsyat. Pada pertandingan pertama mereka di Olimpico, 12 Juni WIB lalu, Gli Azzurri juga menang 3-0 melawan Turki.

Dengan raihan enam poin, Italia dipastikan bakal finis minimal sebagai runner-up Grup A.

Manuel Locatelli jelas menjadi salah seorang calon bintang terang dalam turnamen ini. Dan dia memanfaatkan penuh kesempatan yang didapat. Sebab, sejatinya, Locatelli adalah pelapis bagi gelandang pilihan utama pelatih Roberto Mancini, Marco Verratti. Saat ini, Verratti masih mengalami cedera.

Kepercayaan itu dibayar lunas oleh jebolan akademi AC Milan yang kini bermain untuk Sassuolo tersebut. Dia memborong dua gol kemenangan Italia pada menit ke-26 dan 52. Satu gol lainnya dicetak oleh penyerang Lazio Ciro Immobile satu menit sebelum waktu normal berakhir.

Locatelli membuka keunggulan Italia pada menit ke-26. Saat itu, dia berlari kencang dari tengah lapangan ke dalam kotak penalti Swiss. Dia lantas menyambut umpan tarik rekan setimnya di Sassuolo, Domenico Berardi dengan sontekan mudah.

Gelandang berusia 23 tahun itu lantas menggandakan keunggulan Italia tujuh menit memasuki babak kedua. Kecermatannya melepaskan tembakan dari tepi kotak penalti membuat kiper Yann Sommer mati langkah.

Berdasarkan data Opta, Locatelli menjadi pemain Italia ketiga yang berhasil mencetak dua gol dalam sebuah laga Euro. Pemain pertama adalah Pierluigi Casiraghi saat menghadapi Rusia pada Euro 1996. Yang kedua adalah Mario Balotelli ketika melawan Jerman pada Euro 2012.

Komentar

News Feed