oleh

Banjir Terjang Tiga Kecamatan

MUARA BUNGO – Tingginya itensitas hujan di wilayah Kabupaten Bungo beberapa hari terakhir berdampak pada tingginya debit air sungai. Akibatnya, banjir merendam ratusan rumah, Selasa (21/1/2020).

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bungo, Tobroni Yusuf mengatakan ada tiga kecamatan wilayah yang dilanda banjir. Mulai dari Kecamatan Bathin III Ulu, Rantau Pandan, dan Muko – muko Bathin VII.

“Kita langsung tanggap dengan menurunkan personil dan perahu karet untuk membantu warga. Selain itu kita juga bekerjasama dengan Puskesmas Rantau Pandan untuk turun langsung ke lokasi banjir,” ucap Tobroni.

Tobroni Yusuf mengatakan, air naik mulai subuh merupakan kiriman dari hulu sungai Batang Bungo. Ia mengatakan, daerah Leban Kecamatan Rantau Pandan menjadi salah satu wilayah langganan banjir setiap tahunnya.

“Selasa siang sempat turun, tapi dari hasil pantauan Selasa sore debit air kembali naik. Kami masih terus berjaga-jaga jika debit air terus meningkat. Jika sudah bahaya, maka kami akan mengevakuasi warga ,” sebutnya.

Tobroni berpesan kepada masyarakat untuk selalu waspada akan musibah banjir. Terutana warga yang tinggal di pinggir sungai. Selain itu ia juga menghimbau agar masyarakat tidak melakukan aktifitas di sungai dulu dengan kondisi saat ini.

“Ketika musim hujan tiba, masyarakat harus lebih waspada terhadap bencana banjir dan tanah longsor. Karena beberapa hari terakhir curah hujan di wilayah Bungo cukup tinggi,” tutup Tobroni Yusuf.(ptm)

Komentar

News Feed