oleh

Bangunan Puskesmas Memprihatinkan, Dinkes Lobi Kemenkes

POLEWALI – Kondisi bangunan Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) Pekkabata Kecamatan Polewali memprihatinkan. Membuat Dinas Kesehatan Kabupaten Polewali Mandar akan melobi Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Rebublik Indonesia untuk memberikan bantuan anggaran guna membenahi Puskesmas Pekkabata.

Kepala Dinas Kesehatan Polman Andi Suiab Nawawi mengatakan, saat ini bantuan Dana Alokasi Khusus (DAK) dari Kemenkes RI lokusnya bukan pada area perkotaan. Sehingga Puskesmas Pekkabata yang sudah berulang kali diusulkan ini belum masuk dalam prioritas Kemenkes. Sehingga pihaknya akan ke Kemenkes langsung untuk menyampaikan kondisi Puskesmas Pekkabata.

“Kementerian Kesehatan menetapkan locus daerah yang didorong untuk percepatannya, saat ini Kemenkes mendorong daerah tertinggal, pesisir dan jauh dari pusat kota. Sehingga Kecamatan Polewali ini tidak masuk dalam locus,” terang Andi Suaib Nawawi.

Sehingga meskipun pihaknya menginput sampai berulang kali namun karena tidak masuk dalam locus sehingga akan terus tercoret dari dana pusat. “Untuk itu kita akan ke Kementerian meminta agar locus perkotaan juga dibuka,” tambahnya.

Kementerian tidak memasukkan wilayah perkotaan menjadi locus pembangunan karena ada beberapa layanan kesehatan baik swasta seperti klinik dan RS swsata yang ada di perkotaan.

Ia mangatakan, jika dibandingkan dengan daerah lain fasilitas kesehatan di Polman jauh lebih baik. (arf/mkb)

Komentar

News Feed