oleh

Bangun Kerjasama Dalam Birokrasi

MAMUJU – Pemprov Sulbar kembali melakukan rotasi. Sebanyak 212 pejabat struktural pada eselon III dan eselon IV dilantik, di Tribun Rujab Gubernur Sulbar, Jumat (18/9/2021).

Pada kegiatan tersebut, Gubernur Sulbar Ali Baal Masdar menjelaskan, jabatan adalah amanah yang harus dipertanggungjawabkan. Sehingga Ia berharap, para pejabat betul-betul bekerja dan tidak merusak citra sebagai pelayan publik. “Karena akan berakibat pada kurangnya kepercayaan publik kepada pemerintahan,” ujar Ali Baal Masdar.

Setiap bidang maupun bagian dalam Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkup Pemprov Sulbar, harus bisa bekerja sama. Begitu pun antara OPD satu dengan OPD lainnya. Selain itu, tak boleh menunda-nunda pekerjaan. “Tidak ada lagi bekerja sendiri-sendiri. Apa yang bisa dikerjakan, itu dikerjakan bersama. Hilangkan kebiasaan menunda pekerjaan. Jangan mark-up, jangan fiktif. Yang dibutuhkan rakyat, adalah kerja nyata. Bukan slogan semata,” ungkapnya.

Untuk itu, penting bagi ASN untuk terus mengasah kemampuan dan keterampilan dan bekerja. Diharapkan agar memanfaatkan setiap ruang peningkatan kompetensi para bagi ASN. Dengan begitu, wawasan ASN tak tertinggal. “Apalagi ratusan ASN baru yang akan masuk, jangan kalah dengan CASN tersebut,” tutur Ali.

Berbagai tantangan atas posisi jabatan. Salah satunya saat menghadapi demonstrasi. Itu harus bisa dihadapi. Bahkan menurut Ali Baal, dengan adanya demonstrasi maka pemerintahan bisa mengintropeksi atas kesalahan-kesalahan yang perlu diperbaiki. “Soal demo, terima dan memperbaiki. Agar tidak didemo lagi,” ungkapnya.

Terpisah, Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) Sulbar Yakub F Solon mengatakan, pejabat yang beralih dari jabatan struktural ke fungsional, maka kompetensi dan keterampilan para ASN menjadi sangat dibutuhkan.

Karenanya, dalam Pendidikan dan Latihan (Diklat), para ASN terus dibenahi. Saat ini status BPSDM Sulbar sendiri sudah terakreditasi B. Ini adi peluang agar terus melakukan pendidikan kepemimpinan guna pengembangan ASN Pemprov Sulbar.

“Sekarang kita sudah terakreditasi B. Ini yang terus kita dorong dan membenahi sejumlah variabel dalam menjalankan program-program pengembangan aparatur,” ungkapnya. (imr/dir)

Komentar

News Feed