oleh

Arwan Aras Bantu Pengungsi Dengan Senyap

MAMUJU — Anggota DPR RI dapil Mamuju Arwan Aras menyambangi tenda pengungsi dengan senyap. Tak ada pengawalan, tak ada sirine, dan sama sekali tak mencolok.

Ia mengendarai sepeda motornya seorang diri, berkeliling ke tenda-tenda pengungsian yang mampu Ia jangkau. Jika mendapati kekurangan pengungsi, Ia pun langsung meminta anggota Badan Penanggulangan Bencana (Baguna) DPR RI untuk datang membawa keperluan penyintas.

Seperti yang dilakukannya, Sabtu 23 Januari 2021, malam. Politisi dari PDI Perjuangan ini tiba-tiba datang dan memarkir sepeda motor di samping pagar Kantor Bupati Mamuju. Ia pun menyambangi salah satu tenda yang tepat berada di sisi pagar.

Arwan tak segan bergabung dalam perbincangan beberapa penyintas di tempat itu. Di sela-sela obrolan itu, putra Bupati Mamuju Tengah Aras Tammauni ini meminta informasi kebutuhan apa saja yang belum tersedia. Ia lalu mencatat dan menghubungi anggotanya via telepon.

Tak berselang lama, datanglah barang-barang sesuai yang dibutuhkan. “Saya suka cara ini, karena tidak mencolok. Yang penting, bantuan yang kita salurkan sesuai kebutuhan. Sehingga dapat bermanfaat,” kata Arwan.

Bantuan yang disalurkan, berupa tenda, popok dan dot bayi, selimut serta pakaian. Juga ada bahan pokok berupa telur.

Menurut anggota Komisi IV DPR RI ini, perempuan dan anak yang paling rentan dalam kondisi seperti ini. Kemudian, orang tua. Olehnya, kebutuhan para penyintas yang disiapkannya tidak hanya bahan makanan pokok.

Hal yang sama dilakukannya di titik pengungsian lainnya. Namun untuk wilayah yang jauh atau pun tempatnya agak ke pelosok, Ia menggunakan kendaraan roda empat.

Seperti pada wilayah-wilayah pelosok di daerah Kecamatan Tapalang dan Tapalang Barat. “Saya datangi malam-malam. Biasanya hingga dinihari. Kami datang langsung ke tenda mereka, melihat apa kebutuhan yang belum terpenuhi. Dengan begitu, bantuan tersalurkan secara optimal,” ujar Arwan. (dir)

Komentar

News Feed