oleh

Angka Pengangguran Naik, Aplikasi Ini Bantu Cari Kerja di Masa Pandemi

SUDAH bukan rahasia lagi kalau pandemi Covid-19 yang melanda hampir dua tahun terakhir membuat perekonomian terpuruk. Bisnis tersendat, daya beli menurun, dan buntutnya banyak pekerja di berbagai sektor dirumahkan.

Angka pengangguran pun meningkat akibat dari pandemi Covid-19 ini. Berdasarkan data dari Kementerian Ketenagakerjaan (Kemenaker) per Maret 2021, ada sekitar 29 juta orang terdampak pandemi Covid-19.

Jumlah itu termasuk karyawan yang terkena pemutusan hubungan kerja (PHK), dirumahkan tanpa upah, serta pengurangan jam kerja dan upah. Sementara, Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah juga sempat mengatakan, angka pengangguran di Indonesia selama pandemi Covid-19 meningkat dari 4,9 persen menjadi 7 persen.

Melihat situasi yang tak kunjung membaik, seperti sering ditekankan pemerintah, upaya kolaborasi semakin perlu dilakukan oleh berbagai pihak. Hal ini tak lain untuk kembali bisa menstabilkan keadaan dan memulihkan perekonomian.

Dalam beberapa tahun ke belakang juga, banyak bermunculan platform pencari kerja yang bisa dimanfaatkan untuk menekan angka pengangguran. Yang terbaru, hadir aplikasi bernama Proyekan.

Aplikasi itu adalah penghubung penyedia jasa dengan pihak yang membutuhkan. Proyekan juha disebut hadir untuk memaksimalkan kemampuan dan tenaga para karyawan yang terkena PHK atau yang sedang bekerja dari rumah atay bahkan pengangguran sekalipun untuk mendapatkan uang.

Sultan Yuriski Azmi, CEO Proyekan menjelaskan, aplikasi Proyekan ada untuk melengkapi keduanya dalam satu platform, dimana pekerja juga bisa menjadi klien dan klien bisa menjadi pekerja dalam satu aplikasi di segala bidang. Dari kebutuhan harian, kebutuhan tenaga harian lepas, hingga kebutuhan mendesak dengan harga yang bisa disesuaikan oleh budget klien ada di aplikasi ini.

Komentar

News Feed