oleh

Anggaran Disetujui DPRD, Polman Gelar 67 Pilkades Tahun Ini

POLEWALI — Sejumlah desa di Kabupaten Polewali Mandar (Polmn) saat ini, pemerintahannya dijabat oleh pelaksana tugas kepala desa (kades). Akibatnya, beberapa mendesak Pemkab Polman segera mengelar pilkades.

Salah satu tokoh pemuda Kecamatan Tutar, Andi Irfan, menyampaikan jika saat ini banyak kades dijabat pelaksana tugas yang ditunjuk oleh Pemkab Polman. Mereka menjadi pelaksana tugas kades memasuki masa jabatan dua tahun. Sehingga mewakili warga Tutar meminta pemkab melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Polman segera menjalankan tahapan pilkades sesuai regulasi.

Apalagi tahun 2020 lalu, Pilkades ditunda karena alasan adanya Surat Edaran Menteri Dalam Negeri (Mendagri) yang menunda pelaksanaan pilkades karena pandemi Covid-19.

“Kita maklumi penundaan pemilihan kades dengan adanya surat edaran Mendagri. Tapi hari ini kita kembali menuntut agar supaya secepatnya dilakukan pemilihan kades. Utamanya dibeberapa desa di Kecamatan Tutar seperti Desa Taloba dan Sepporraki serta desa lainnya di Polman yang dijabat oleh penjabat kades,” terang Andi Irfan.

Ia juga menyampaikan, tidak ada alasan untuk menunda pilkades lagi. Apalagi dengan alasan Covid-19. Karena di beberapa daerah juga baru-baru ini melakukan pemilihan yang lebih besar yakni Pilkada. Sehingga harusnya pilkades juga mesti digelar tahun ini.

Lanjutnya, dalam waktu dekat ini pihaknya akan menemui Dinas PMD untuk menyampaikan aspirasi masyarakat agar Pilkades bisa segera dilaksanakan.

Terpisah Ketua DPRD Polman Jufri Mahmud mengatakan dewan sudah menyetujui anggaran untuk pelaksanaan pilkades tahun 2021. Namun terkait tekhnis waktu dan pelaksanaannya belum diketahui dengan pasti kapan dilaksanakan.

“Tahun 2021 ini kita sudah mengesahkan anggaran untuk pilkades. Tapi belum ada jadwa bulan berapa akan dilaksanakan,” terang Jufri Mahmud.

Sementara Kepala Dinas PMD Polman Azwar Jasin mengatakan, tahun ini dijadwalkan pelaksanaan pilkades. Ada 67 desa di Polman nantinya menggelar pilkades serentak. Apalagi anggarannya sudah disetujui DPRD Polman.

“Kita jadwalkan Pilkades dilaksanakan serentak pada 67 desa tahun ini. Termasuk desa yang selama ini dijabat pelaksana tugas dan beberapa desa kadesnya akan berakhir masa jabatan tahun 2021 ini. Anggaran pilkades sudah siap dalam waktu dekat ini kami akan bahas pelaksanaan pilkades,” tandas Azwar Jasin. (arf/ham)

Komentar

News Feed