oleh

Amar Makruf

-Kolom-1.267 views

MENGAJAK orang kepada kebaikan yang lazim disebut amar makruf adalah salah satu materi pokok bagi muballigh dalam menyampaikan dakwahnya.

Dakwah sebagai kegiatan menyampaikan ajaran, pesan dan misi agama Islam kepada manusia. Tujuan utama dakwah itu diharapkan tersampaikannya pesan-pesan dan ajaran Allah swt dan Nabi Muhammad saw kepada manusia demi kemaslahatan dan keselamatan manusia itu sendiri.

Dakwah amar makruf merupakan kegiatan dakwah yang fokus menyampaikan pesan dan ajaran berbuat baik. Materi dakwah diorientasikan agar orang mau berbuat baik.

Jamaah dimotivasi dengan dalil-dalil menggugah semangat untuk melaksanakannnya dengan baik dan konsisten. Ruang lingkup materi dakwahnya menyasar seluruh dimensi kehidupan manusia; baik sosial, keluarga, ekonomi, politik dan seluruh aspek yang meliputi manusia.

Dalam Alquran-pun Allah swt banyak menyuruh hamba-Nya agar tampil menyampaikan amar makruf. Ajakan amar makruf itu bahkan diberi rambu-rambu agar menyampaikannya secara hikmat bijaksana, penuh motivasi yang menggelorakan.

Dalam berbagai kesempatan para pendakwah kita lebih banyak bahkan dominan mengangkat materi amar makruf. Dakwah amar makruf sangat dibutuhkan oleh manusia dewas ini agar hidupnya terarah dan senantiasa di atas koridor ajaran Islam di tengah gempuran godaan yang menyihir dan meninabobokkan manusia dalam hidupnya.

Dakwah amar makruf tidak hanya dapat dilakukan oleh ahli agama saja, tapi setiap orang yang dapat memahami kebaikan dan melaksanakannya lalu dicontohi dan diteladani orang, maka saat itu ia telah melaksanakan dakwah amar makruf. Apa saja yang dapat ditampilkan oleh seseorang hal-hal yang baik dan dapat diteladani maka itulah dakwah amar makruf.

Materi dakwah amar makruf adalah yang menggugah dan memotivasi pendengar untuk melaksanakan kebaikan baik untuk kebaikan dirinya, keluarganya, tetangga, maupun orang lain sekitarnya.

Amar makruf juga saat ini sangat dibutuhkan oleh bangsa dan negara kita.

Saat ini bangsa kita diklaim banyak pihak mengalami krisis figur. Orang-orang yang selama ini kita banggakan dan hormati ternyat belum bisa memberi contoh dan teladan yang baik. Mereka justru terlibat dalam persekongkolan jahat dan tindak kriminal lainnya. Mereka banyak terlibat dalam dosa-dosa sosial yang sangat jauh dari harapan masyarakat untuk bisa dicontoh dan diteladani.

Dakwah amar makruf mesti dihidupkan dan dibudayakan pada semua elemen masyarakat. Tokoh dan figur sangat diharapkan dapat tampil mengambil peran sebagai teladan yang dapat diikuti dan diidolakan masyarakat.

Sebuah ungkapan lawas Arab mengatakan “Suatu umat hanya akan dapat abadi dan lestari bila amar makruf dipertahankan. Namun bila amar makruf sudah hilang, maka tunggulah kehancuran umat itu”.

Sebarlah amar makruf sebanyak mungkin dan taburlah ia dimanapun dan kapanpun. Karena perbuatan baik tidak harus menunggu waktu dan tempat untuk melakukannya. (***)

Komentar

News Feed