oleh

Alasan Mengapa Android Lebih ‘Rakus’ RAM Dibanding iOS

Bagi Anda pecinta gadget, dalam hal ini perangkat mobile, pasti suka bingung sendiri, mengapa perangkat iOS hanya memerlukan RAM lebih kecil dibandingkan perangkat berbasis Android.

Meski menggunakan jumlah RAM yang lebih kecil dari Robot Ijo, iDevices keluaran Apple kerap lebih unggul ketika bicara performa. Hal itu menurut pakar, adalah akibat kompleksitas penggunaan Android, yang memilki ekosistem yang jauh lebih luas dibanding iOS.

Alasan Mengapa Android Lebih 'Rakus' RAM Dibanding iOS

“Android dibuat untuk perangkat yang beragam, dengan spesifikasi hardware yang bervariasi,” kata Sachin Dev Duggal, seperti dikutip Tech Radar.

Akibatnya, lanjut Sachin, hal ini berdampak pada penggunaan RAM yang lebih tinggi, untuk mengeksekusi kode yang tepat untuk perangkat yang tepat.

“Juga aplikasi pada perangkat Android, diberikan keleluasaan untuk menggunakan sebanyak mungkin RAM yang dibutuhkan,” ungkapnya.

“Sementara pada iOS, perangkat-perangkat ini tidak mengandalkan Java Virtual untuk mengeksekusi kode. Sementara kode yang digunakan aplikasi di iOS, memiliki batasan pada penggunaan RAM,” jelasnya. (fin/ham)

Komentar

News Feed