oleh

Adu Ide di Panggung Debat Pilkada Pasangkayu

PASANGKAYU–Debat antar Kandidat Pasangan Calon (Paslon) Pilkada Pasangkayu Tahun 2020 putaran pertama, KPU mengangkat tema “Membangun Kesejahteraan Sosial”, Rabu, 28 Oktober.

Calon Bupati nomor 01, Muhammad Saal menyampaikan, sebagai wakil Bupati periode 2010-2021, dan bertugas melakukan pengawasan di semua sektor menurutnya sudah berjalan baik. Begitupula sisi kesejahteraan, berhasil mengurangi angka kemiskinan.

“Indeks pembangunan manusia di Pasangkayu belakangan ini, Pasangkayu urutan kedua terbaik di Sulbar. Izinkan kami akan meneruskan pembangunan yang telah dilaksanakan selama ini, yang baik akan kami teruskan, yang kurang maksimal kami akan maksimalkan,” ungkap Muhammad Saal, sebelum menyampaikan visi-misinya.

Saal mengatakan, visinya bersama Calon Wabup Musawir adalah Pasangkayu Bersinar, dengan makna Mewujudkan Pasangkayu yang berdaya saing, Sejahtera, Amanah dan Religius.

Dengan Misi, mengembangkan kualitas SDM yang memiliki daya saing melalui peningkatan pendidikan dan pelayanan kesehatan yang adil dan merata. Meningkat pembangunan infrastruktur yang berkelanjutan dan berkualitas.

Meningkatkan kemandirian ekonomi dengan menggerakkan sektor unggulan daerah. Menciptakan tata kelola pemerintahan yang baik dan bersih. Meningkatkan keimanan dan ketakwaan serta intern umat beragama, kerukunan antar umat beragama dan kerukunan umat beragama dengan pemerintah. (Waktu habis pemaparan dipotong moderator).

Sementara Calon Wakil Bupati nomor 02, Yusri M. Nur mengatakan, ia maju bersama calon Bupati Abdullah Rasyid, dengan Visi Pasangkayu Manarang. Manarang, meliputi Maju, Amanah, Sejahtera dan Agamis.

“Dalam konsep pembangunan ada tiga pertanyaan mendasar biasa didengar, apa yang akan dibangun? Siapa yang bertanggung jawab? Untuk siapa pembangunan itu? Tiga konsep itu, kami jawab dengan Pasangkayu Manarang. Tentu saja kita membangun di daerah ini dapat maju dan sejajar dengan daerah lain,” ungkap Yusri.

PESERTA Pilkada Pasangkayu 2020 dalam arena debat publik dilaksanakan KPU Pasangkayu. (aspar/radarsulbar)

“Yang terakhir dari visi kami adalah Agamis, karena kita manusia Indonesia yang berketuhanan, sesuai dengan Pancasila tentu saja kehidupan sosial masyarakat kita, harusnya berlandaskan nilai-nilai agama,” imbuhnya.

Memanfaatkan waktu yang tersisa, Cabup 02, Abdullah  Rasyid menambahkan, bahwa apa yang dikatakan calon wakilnya itu adalah meliputi seluruh aspek kehidupan masyarakat kabupaten pasangkayu. Penajamannya adalah bagaimana kita berbuat yang terbaik.

“Setelah kami keliling, lebih dari 200 titik di Pasangkayu ini, maka lahirlah konsep Pasangkayu Manarang, dan akan kami aplikasikan di kegiatan pembangunan kedepannya,” sambung Abdullah Rasyid.

Calon Bupati nomor urut 03, Yaumil Ambo Djiwa, menyampaikan visinya kepada masyarakat Pasangkayu, dengan konsep Pasangkayu Sejahtera, Maju dan Bermartabat berlandaskan Keberagaman (Smart).

Dijabarkan dalam lima misi; sumberdaya manusia berkualitas; Menguatnya Struktur Ekonomi Produktif dan Berdaya Saing; Akselerasi Pemerataan Pembangunan; Ruang dan Lingkungan yang Berkelanjutan; Tata Pemerintahan yang Bermartabat (Bersih, Efektif dan Terpercaya).

“Itulah visi-misi kami dalam kedepan yang kami persembahkan untuk masyarakat kabupaten Pasangkayu yang kami cintai,” tutur Yaumil Ambo Djiwa.

Yaumil menambahkan, jika terpilih pihaknya berkomitmen menuangkan visi dan misi tersebut dalam program-program melalui RPJPD dan RPJMD. (r3/rul)

Komentar

News Feed