oleh

800 Peserta dari 28 Provinsi Ikuti Turnamen Data Sains Nasional 2021

PEMBUKAAN Turnamen Data Sains Nasional 2021 dengan tema Ciptakan Peluang Dalam Melawan Pandemi dengan Analisa Data telah diselenggarakan secara daring pada Jumat, (24/9) pekan lalu. Turnamen Data Sains Nasional 2021 dikatakan memiliki antusiasme peserta yang tinggi.

Hal ini perlihatkan dengan jumlah peserta yang mendaftar sudah lebih dari 800 peserta yang berasal dari 28 provinsi di Indonesia. Sebagai catatan, tim beranggotakan 2 sampai 4 personel untuk setiap kategorinya. Artinya, kurang lebih sudah 1.600 peserta ikut dalam turnamen ini yang menjadikan turnamen data sains ini sebagai turnamen data sains terbesar di Indonesia yang digelar secara daring/ online.

Turnamen yang baru digelar pertama kali ini diadakan dengan tujuan menciptakan penerus bangsa yang memiliki ilmu data analysis. “Penguasaan pengolahan data, diharapkan para pemuda saat ini dapat menguasai data analysis ini untuk turut mendukung perubahan pada sektor perekonomian Indonesia,” ujar Luthfy Ardiansyah, CEO Data Academy saat memberikan sambutan pertama pada pembukaan Turnamen Data Sains Nasional 2021.

Ketua Dewan Pers, Mohammad Nuh dalam kesempatan sama juga menyampaikan apresiasinya kepada seluruh peserta. Menurutnya, acara ini dapat memacu anak muda untuk memulai perubahan untuk masa depan Indonesia.

“Turnamen Data Sains Nasional 2021 ini menjadi salah satu aksi yang dapat melahirkan bibit-bibit baru yang berpengalaman, sehingga dapat menjadi experting di bidang data analysis,” ungkap Mohammad Nuh.

Saat membuka turnamen, Mohammad Nuh juga mengatakan bahwa ajang ini bukan hanya sebagai pemicu semangat sumpah pemuda saja, namun juga menjadi persiapan bangsa Indonesia untuk memperingati 100 tahun Indonesia Merdeka tepat di tahun 2045.

“Terdapat dua hal yang dapat menjadi modal Indonesia untuk menyiapkan 100 tahun kemerdekaan Indonesia. Pertama, adalah modal bonus demografi deviden, dimana populasi usia produktif yang jumlahnya akan meningkat hingga 70 persen. Kedua adalah modalitas digital dividen,” ujarnya.

Selanjutnya dengan antusias yang tinggi ini, pihak penyelenggara Turnamen Data Sains Nasional 2021 memutuskan untuk memperpanjang masa pendaftaran Turnamen Data Sains Nasional 2021 ini hingga tanggal 27 September 2021.

Kemudian, Turnamen Data Sains Nasional 2021 akan dilaksanakan selama 2 minggu, melalui proses seleksi pengumpulan proposal kegiatan yang nantinya akan dipilih 15 proposal terbaik di masing masing kategorinya. (jpg)

Komentar

News Feed