oleh

43 Warga Mamuju Terima Sertifikat Tanah

MAMUJU – Kantor Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) Mamuju membagikan 43 sertifikat tanah kepada warga di Kelurahan Karema, Mamuju, Kamis (23/9/2021).

Kegiatan tersebut sebagai tindak lanjut pemberian 124.120 sertifikat tanah hasil redistribusi tanah objek reforma agraria yang dilakukan Presiden Joko Widodo, pada Rabu (22/9/2021).

Hal tersebut sebagai komitmen pemerintah memberikan kepastian hukum yang berkeadilan. Pemerintah tidak ingin konflik agraria yang terjadi di daerah terus menerus berlangsung. Pemerintah juga tak ingin rakyat kecil tidak mempunyai kepastian hukum.

Kepala ATR/BPN Mamuju, Andi Mappangile mengatakan, sertifikat tanah yang diberikan tersebut sebagai upaya pemberian jaminan hak kepemilikan tanah. Sehingga tanah warga di Kelurahan Karema legal diakui negara.

“Nanti masyarakat yang sudah mendapat sertipikat diharapkan menjaga tanahnya dengan tanda batas. Kalau bisa dipagari agar tidak ada pihak lain yang menyerobot. Sertifikat ini juga bisa digunakan sebagai modal usaha,” kata Andi Mappangile, di Kantor Kelurahan Karema, Kamis (23/9/2021).

Ia menambahkan, Presiden RI Joko Widodo juga telah menyerahkan sertifikat tanah secara nasional melalui virtual yang dihadiri seluruh kepala daerah, termasuk Gubernur Sulbar, Ali Baal Masdar (ABM).

“Sebagai tindak lanjut kita menyerahkan juga secara simbolis dan kita juga lakukan secara door to door atau langsung ke rumah warga,” bebernya.

Lurah Karema, Harry Murianto menyebutkan, penyerahan sertipikat tanah tersebut sangat diharapkan warga. Olehnya, ia berharap kerja sama antara Pemkab Mamuju dan ATR/BPN Mamuju terus berjalan dengan baik.

“Kelurahan Karema selaku wakil pemerintah kabupaten akan terus mendukung dan membantu pertanahan,” tandasnya. (ajs)

Komentar

News Feed