oleh

21 Gempa Guncang Mamasa

MAMASA – Dalam beberapa terakhir ini beberapa daerah terjadi gempa bumi di Sulbar. Terakhir gempa bumi terjadi di Kabupaten Mamasa, Rabu 21 Juli sekira pukul 05.40 wita dengan kekuatan magnetudo 4,0 skala richter. Gempa ini dirasakan warga Kota Mamasa dan sekitarnya.

Salah seorang warga Mamasa Semmy mengaku merasakan getaran gempa tersebut walaupun sebentar. Ia sempat kaget karena sejumlah benda di rumahnya sempat bergoyang tetapi hanya berlangsung sebentar.

Balai Besar Meteorologi Klimatologi Dan Geofisika (BBMKG) Wilayah IV Makassar dalam rilisnya menyebutkan Rabu, 21 Juli 2021, wilayah Kabupaten Mamasa, Sulawesi Barat diguncang gempabumi tektonik.

Menurut Kepala BBMKG Wilayah IV Makassar Darmawan, hasil analisis BMKG menunjukkan gempa terjadi pada pukul 05:40:29 Wita berkekuatan 4,0 SR, episenter gempa bumi terletak pada koordinat 2.89 LS dan 119.36 BT atau tepatnya berlokasi di darat pada jarak 9 kilometer tenggara Mamasa pada kedalaman 5 Kilometer.

Baca Juga:
Tiga Kejadian Gempabumi Susulan di Mamasa, Terkuat M 5.3

“Dengan memperhatikan lokasi dan kedalaman hiposenter, menunjukkan bahwa gempabumi ini termasuk dalam klasifikasi gempabumi dangkal akibat aktivitas sesar saddang yang berdekatan dengan pusat episenter,” ujar Darmawan.

Komentar

News Feed