oleh

2021, Ormas dan LSM Diverifikasi

MAMASA – Tahun 2021, Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kabupaten Mamasa akan verifikasi Organisasi Masyarakat (Ormas), Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) serta Organisasi Kepemudaan (OKP).

Data Pemkab Mamasa sebanyak 63 Ormas, LSM dan OKP yang terdaftar di Badan Kesbangpol.

2021, Ormas dan LSM Diverifikasi

Berdasarkan aturan Ormas, LSM dan OKP harus melaporkan hasil kegiatannya dua kali dalam satu tahun. Atau setiap enam bulan secara berkala. Hal itu sesuai Undang-Undang Nomor 17 Tahun 2013 tentang Organisasi Masyarakat. Sehingga pemerintah daerah dapat mengetahui lembaga tersebut masih aktif atau tidak.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Badan Kesbangpol Kabupaten Mamasa Ernesto Randa mengaku akan melakukan verifikasi terhadap LSM, Ormas dan OKP.

“Karena yang terdaftar itu ada banyak tetapi tidak diketahui apakah lembaga tersebut aktif atau tidak,” terang mantan Kabag Humas Pemkab Mamasa ini.

Lanjut Ernesto sesuai data di Kesbangpol sebanyak 63 Ormas, LSM dan OKP yang terdaftar.

“Tapi hanya beberapa, bahkan hampir semua tidak melaporkan administrasinya,” ujarnya.

Seharusnya kata Ernesto setiap enam bulan lembaga kemasyarakatan tersebut memasukkan pelapor administrasi di Kesbangpol.

“Sehingga kedepannya kita akan lakukan verifikasi mulai tahun 2021. Dimana verifikasi yang dilakukan, mengenai akta kepengurusan dan sekertariat. Apakah masih berlaku atau sudah tidak berlaku, karena yang namanya organisasi diharuskan memiliki sekertariat,” ujarnya.

Ia menambahkan pihaknya akan melakukan verifikasi awal bulan Januari 2021. (r4/mkb)

Komentar

News Feed