oleh

2019, Capaian BKKBN Sulbar Menggembirakan

-Mamuju-1.781 views

MAMUJU — Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Sulbar merilis capaian kinerjanya hingga Bulan November 2019 di Kantor BKKBN Sulbar, Senin 23 Desember 2019.

Hasilnya, sangat menggembirakan. Hampir semua sektor memenuhi target. Bahkan, ada beberapa sektor yang sudah melampaui target. Seperti capaian peserta KB Aktif, per november sudah mencapai 156.794 dari target 126.427 atau 124.02 persen.

Capaian tertinggi ada di Kabupaten Mamuju sebesar 133,11 persen. Menyusul Kabupaten Polman sebesar 130,98 persen, Mamasa 129,52 persen, Majene 116,94 persen, Mamuju Tengah 114,98 persen dan Kabupaten Pasangkayu sebesar 108,94 persen.

“Semua Kabupaten se-Sulbar melampaui target KB Aktif. Untuk peserta KB aktif tambahan juga melampaui target. Target kita KB aktif tambahan tahun 2019 sebanyak 1.834 orang. Tapi kami berhasil mendapatkan 12.352 orang. Capaian ini sangat luar biasa,” ujar Kepala BKKBN Sulbar Hj. Andi Ritamariani Basharu.

Selain itu, lanjut Ritamariani, program pembangunan keluarga juga menggembirakan. Semua kelompok di enam Kabupaten se-Sulbar, yakni kelompok Bina Keluarga Balita (BKB), Bina Keluarga Remaja (BKR) dan Bina Keluarga Lansia (BKL) mencapai 100 persen pelaporannya.

“Untuk Pusat Informasi Konseling (PIK) Remaja dan Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga Sejahtera (UPPKS) juga mencapai 100 persen,” ujarnya.

Ritamariani juga menyampaikan hasil rekapitulasi pembentukan kampung KB dan irisan Stunting di Sulbar. Hasilnya, Kabupaten Polman yang paling banyak mencanangkan kampung KB per november 2019, yakni, sebanyak 43 kampung KB. Dari 43 kampung KB tersebut, delapan diantaranya merupakan wilayah stunting. Adapun sebaran wilayah stunting terletak di Kecamatan Luyo, Kecamatan Campalagian, Kecamatan Balanipa, Mapilli dan Kecamatan Alu.

Kabupaten Majene 31 Kampung KB, sepuluh diantaranya masuk wilayah stunting. Sebaran wilayah stuntingnya di Kecamatan Banggae, Kecamatan Pamboang, Kecamatan Sendana, Kecamatan Malunda, dan Kecamatan Ulumanda.

Kabupaten Mamuju memiliki 30 Kampung KB, sembilan diantaranya wilayah stunting. Sebaran wilayah stuntingnya di Kecamatan Bonehau, Kecamatan Kalukku, Kecamatan Tapalang Barat, dan Kecamatan Tapalang.

Untuk Kabupaten Pasangkayu dan Mamasa masing-masing telah mencanangkan 25 Kampung KB. Satu diantaranya masuk wilayah stunting yakni di Kecamatan Tabang Mamasa. Sedangkan, Kabupaten Mamuju Tengah baru memiliki 17 Kampung KB.

“Pecanangan kampung KB juga mencapai target. Banyak kampung KB yang mengalami perubahan signifikan setelah dicanangkan. Dari kumuh, berhasil berbenah menjadi wilayah yang layak huni, bahkan dijadikan tempat wisata. Namun, belum semua kampung KB di Sulbar memiliki progres yang menggembirakan. Ada beberapa yang masih jalan ditempat,” ujarnya. (ian/rs)

Komentar

News Feed