oleh

2.920 Vaksin Tiba di Mamasa

MAMASA – Pemerintah Kabupaten Mamasa terima vaksin Sinovac, sebanyak 2.920 vial. Vaksin tersebut diantar Dinas Kesehatan Provinsi Sulawesi Barat dengan pengawalan petugas kepolisian ke kantor Dinas Kesehatan Kabupaten Mamasa.

Pendistribusian vaksin Covid-19 ini dilakukan karena Pemkab Mamasa akan melakukan launching vaksinasi Covid-19, Rabu 3 Februari.

Sekertaris Dinas Kesehatan (Dinkes) Mamasa Amos Pampabone menyampaikan vaksin tersebut tiba Jumat 29 Januari. Ini merupakan pendistribusian vaksin pase pertama yang akan digunakan untuk vaksinasi tenaga kesehatan sebanyak dua kali.

Lanjut Amos, adapun vaksin yang diterima sebanyak 2.920 vial. “Karena Nakes yang akan di vaksin pada fase pertama sebanyak 1.460 orang. Sehingga sebanyak 2.920 yang harus disiapkan vaksin,” terang Amos.

Sementara, Tenaga Kesehatan (Nakes) yang terdata untuk Kabupaten Mamasa sebanyak 1.677 orang. “Sehingga kita tentunya kekurangan vaksin, namun itu akan dipakai untuk jatah Puskesmas. Jika ada yang tidak tergunakan setelah melewati screning atau pemeriksaan,” jelasnya.

Ia menyebutkan vaksinasi bagi Nakes akan dimulai pada 5 Februari. Dilakukan secara serentak di 17 kecamatan ditambah 2 Rumah Sakit dan pegawai Dinkes.

“Untuk alurnya itu, kita sudah siapkan siapa yang mengalokasikan vaksin ke setiap kecamatan,” terang Amos.

Sementara, staf Dinkes Provinsi Sulbar Muslimin menyampaikan vaksin yang disalurkan ke Kabupaten Mamasa berdasarkan data dari Kementerian Kesehatan.

Ia menambahkan, adapun vaksin yang dialokasikan tersebut sudah sesuai data. (r4/mkb)

Komentar

News Feed