oleh

Berpotensi Gempa Susulan, Ali: Cari Tempat Aman

MAMUJU– Gempa Bumi berkekuatan M 6,2 kembali mengguncang Sulbar dan sekitarnya, Jumat 15 Januari, Pukul 2:30 Wita. Gempabumi tepatnya berlokasi di darat pada jarak 4 km arah Barat Laut Majene, pada kedalaman 10 km.

Namun, masih berpotensi terjadi gempa susulan dengan yang lebih besar dari pada yang terjadi Jumat dini hari. Karenanya Gubernur Sulbar mengimbau masyarakat tetap wapada

“Cari tempat aman, jangan panik, masyarakat cari tempat ketinggian, utamakan keselamatan,” imbau Ali, di temui di Rujab Gubernur Sulbar, Jumat 15 Januari.

Bagi pengungsi, Ali mengaku baru saja berkoordinasi dengan Presiden RI, dan dalam waktu dekat Menteri Sosial dan Kepala Badan Penanggulangan Bencana Nasional (BPBN) langsung ke Sulbar beserta bantuan untuk para korban di Sulbar.

“Bantuan logisitik juga sementara dikriimkan lewat jalur laut,” tutur Ali.

Informasi terkait potensi terjadinya gempa susulan itu dari Prakirawan BMKG. ” Terkai potensi gempa, bahwa potensi gempa susulan yang jauh lebih besar itu berpeluang. Kami minta disebarkan untuk menyampaikan kemasyarakat, kejadian ini kemungkinan lebih besdar dan kami meminta agar diharapkan masyarakat menjauh dari pesisir mencari tempat yang aman,” ungkapnya.

Diketahui, gempa berkekuatan M 6,2 Jumat Dinihari, menyebabkan kerusakan terjadi di setiap titik hingga merusak fasilitas pelayanan umum, seperti RS Mintra Manakarra lima lantai ambruk, Gedung Utama Kantor Gubernur Sulbar dan beberapa gedung serta rumah warga.

Hingga Jumat 15 Januari, pukul 14.00 WITA, Sekprov Sukbar Muhammad Idris mengatakan, telah menerima laporan sudah terdapat 26 korban meninggal dunia, dan lebih dari 300 orang. Bahkan beberapa warga masih dalam evaluasi akibat tersjebak dalam reruntuhan gedung.

“Sudah kurang lebih 26 orang meninggal dari dua tempat , Mamuju dan Majene. di Mamuju 18 orang di Majene delapan orang,” sebut Idris.

Idris pun berterima kasih atas kunjungan langsung Rombongan Gubernur Sulsel Nurdin Abdullah didampingi Pangdam XIV/Hasanuddin Mayor Jenderal TNI Andi Sumangerukka, dan Kapolda Sulsel Irjen Pol Merdi Syam.

“Terima kasih atas bantuan dari Gubernur Sulsel , Pangdam XIV/Hasanuddin, Polda Sulsel,” ungkapnya.

Gubernur Sulsel Nurdin Abdullah mengatakan turut prihatin atas bencana yang terjadi di Sulbar. Pihaknya pun siap mengarah seluruh bantuan dari Sulsel untuk membantu Sulbar menangani uapaya kenanganan bencana di Sulbar.

“Setelah mendapat berita gempa ini saya langsung koordinasi ke semua; Pangdam, Lantamal, PLN, telkomsel. Pokoknya segera ambil kangkah disana (Sulbar). Kita akan segera keisini (di Mamuju,red), termasuk herkcules untuk dilakukan penanganan serius. Kita akan jadi penyangga untuk penanganan semuanya,” ungkapnya. (imr)

Komentar

News Feed