oleh

162.218 Jiwa Warga Mamuju Punya Hak Pilih di Pilkada

MAMUJU – Daftar Pemilih Tetap (DPT) di Pilkada Mamuju 2020, ditetapkan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Mamuju. Jumlahnya 162.218 jiwa.

Hasil tersebut ditetapkan dalam rapat pleno terbuka rekapitulasi Daftar Pemilih Sementara Hasil Perbaikan (DPSHP) dan DPT, di Aula Asrama Haji, Kelurahan Simboro, Mamuju, Jumat sore 16 Oktober 2020.

Jumlah DPT tersebut tersebar di 11 Kecamatan, 101 desa/kelurahan dan di 733 Tempat Pemungutun Suara (TPS). Jika dirinci, pemilih laki-laki 82.200 jiwa dan perempuan 80.018 jiwa.

Ketua KPU Mamuju Hamdan Dangkang mengatakan, terjadi pergeseran jumlah daftar pemilih dan jumlah TPS saat Daftar Pemilih Sementara (DPS) ke DPT.

“Pemilih ada kenaikan sekitar dua ribuan. Kemudian, TPS ada penurunan. Dari 737 TPS menjadi 733 TPS,” kata Hamdan, usai rapat pleno rekapitulasi DPT, sore tadi.

Menurutnya, pergeseran data pemilih tersebut disebabkan beberapa faktor dan ada perbaikan dari tanggapan masyarakat dan usulan Bawaslu Mamuju.

“Kalau TPS ada yang digabung. Kalau daerahnya tidak berjauhan digabung. Efisiensi anggaran dan tenaga,” tandasnya.

Sekadar diketahui, rapat pleno berlangsung sekira dua jam. KPU Mamuju masih membuka tanggapan masyarakat terkait penetapan DPT ini. (m2/ham)

Komentar

News Feed