oleh

110 KK Terima Bantuan Pasca Bencana

POLEWALI — Sekira 110 Kepala Keluarga (KK) di Kabupaten Polewali Mandar dapatkan bantuan pasca bencana alam dari Pemkab Polman.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Polman Andi Afandi Rahman menyampaikan, sepanjang tahun 2020 terdapat 110 rumah yang tertimpa musibah bencana. Para kepala keluarga tersebut sudah diberikan bantuan dengan total nilai sebanyak Rp331,5 juta.

Bantuan itu untuk 110 rumah dengan kategori rusak ringan, sedang dan berat.

“Dari 110 rumah yang dibantu Pemkab Polman terdiri dari terdampak bencana puting beliung 85 unit rumah, kebakaran pemukiman 25 unit rumah dan yang terdampak longsor dua unit rumah,” terang Andi Afandi Rahman.

Mantan Camat Mapilli ini menambahkan masih ada bantuan belum dibagikan. Yakni keluarga yang terkena bencana angin puting beliung yang terjadi, Sabtu 19 Desember lalu. Bantuannya sudah dalam proses pengajuan sisa menunggu pencairan bantuan di Badan Keuangan Daerah.

Afandi menegaskan jika dana bantuan tidak melekat di BPBD Polman tetapi di Badan Keuangan. BPBD hanya melakukan verifikasi di lapangan. Mengahadapi akhir tahun Pemkab Polman juga telah mengeluarkan imbauan peringatan dini, banjir bandang, longsor dan cuaca ekstrem.

Dalam himbauan tersebut diterangkan bahwa insensitas hujan di beberapa kecamatan di Polman mencapai 201 – 400 mm atau diatas normal. Sehingga masyarakat diminta untuk waspada dengan melakukan upaya pencegahan dan kesiapsiagaan mengahadapi bencana tersebut. (arf/mkb)

Komentar

News Feed