oleh

11 Provinsi yang Bisa Mulai Vaksinasi Anak 6-11 Tahun

JAKARTA – Sebanyak 106 kabupaten-kota dari 11 provinsi bisa memulai program vaksinasi COVID-19 untuk anak usia 6 sampai 11 tahun. Daerah yang bisa memulai setelah dinyatakan memenuhi kriteria.

“Sampai saat ini sebanyak 8,8 juta jiwa anak dari 106 kabupaten kota dari 11 provinsi sudah memenuhi kriteria mengenai cakupan target minimal vaksinasi dosis pertama dan lansia,” ujar Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan COVID-19, Reisa Broto Asmoro di Jakarta, Senin (13/12).

Kriteria atau syarat suatu daerah bisa memulai program vaksinasi COVID-19 untuk anak usia 6 hingga 11 tahun yaitu telah mencapai target cakupan vaksinasi minimal 70 persen dosis pertama dari total sasaran. Lalu, minimal 60 persen cakupan dosis pertama untuk kelompok lansia.

Dari kriteria tersebut, provinsi yang bisa memulai antara lain Banten, DI Yogyakarta, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Kalimantan Timur, Kepulauan Riau, Nusa Tenggara Barat, Sulawesi Utara, dan Bali.

Sementara itu target sasaran vaksinasi anak usia 6 sampai 11 tahun sebanyak 26,8 juta. Kementerian Kesehatan saat ini juga telah menyiapkan 6,4 juta dosis vaksin merek Sinovac yang akan digunakan hingga akhir Desember 2021 untuk vaksinasi anak di bawah 12 tahun. “Vaksinasi bisa dilakukan di Puskesmas, rumah sakit pemerintah maupun swasta, pos layanan vaksinasi, atau fasilitas kesehatan lainnya,” jelasnya.

Reisa mengimbau orang tua untuk menginformasikan kepada anaknya dengan bahasa yang mudah dimengerti. “Jadi dari sekarang kita sudah mulai bisa ceritakan, kasih gambaran pada anak kita yang 6-11 tahun kalau mereka nanti akan dilibatkan pada program vaksinasi COVID-19. Tentunya dengan bahasa yang mudah dimengerti. Supaya nanti saat tiba saatnya divaksin, mereka sudah dikasih tahu dan sudah siap,” paparnya.(rh/fin)

Komentar

News Feed