oleh

1 September DTH Disalurkan

MAMUJU – Dana Tunggu Hunian (DTH) dan bantuan stimulan rumah rusak akibat gempa, mulai disalurkan Rabu 1 September, mendatang.

Bupati Mamuju, Sutinah Suhardi mengatakan, proses saat ini sudah masuk pembukaan nomor rekening seluruh penerima bantuan. Surat Keputusan (SK) penerima sudah ditandatangani.

Menurutnya, jika rekening penerima sudah ada maka segera diusulkan ke Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) terkait penyalurannya.

“Saya sampaikan ke BPBD Mamuju, tidak perlu tunggu rekening semuanya jadi. Kalau ada penerima yang sudah jadi rekeningnya maka segera bermohon ke pusat untuk pencairannya,” kata Sutinah, saat ditemui di Cafe Nall Mamuju, Senin 30 Agustus.

Sutinah mengaku, paling lambat Rabu 1 September sudah ada warga yang bakal menerima bantuan tersebut. Bantuan yang disalurkan yakni DTH dan kategori rusak ringan dan sedang.

“Uang itu langsung masuk ke rekening penerima, tidak bertahap. Kalau kategori rusak berat akan bertahap dananya. Tapi semua langsung ke masyarakat, tidak ada pihak ketiga,” tuturnya.

Plt Kepala BPBD Mamuju, Muhammad Taslim menerangkan, saat ini bank yang ditunjuk, yakni BNI, BRI dan Bank Sulselbar telah melakukan proses pembukaan rekening bagi penerima.

“Dalam satu pekan kedepan setelah pencetakan, kita akan berikan jadwal kepada masyarakat. Kita surati lurah dan desa untuk menentukan titik pengambilan rekening penerima dan penandatangan spesimen,” ujar Taslim.

Taslim menjelaskan, rekening yang dibuat bank berbeda dengan rekening pada umumnya. Bank membuat rekening sudah berdasarkan data penerima.

“Kalau ada yang sudah punya rekening, itu tak bakal bisa karena ini rekening khusus berdasarkan By Name By Address dan tanpa potongan sepeserpun,” tandasnya (ajs)

Komentar

News Feed